Keutamaan Menghafal Al Quran Menjadi Motivasi Penghafal Quran

Keutamaan Menghafal Al Quran Menjadi Motivasi Penghafal Quran

15 Juli 2022 Artikel Uncategorized 0
Keutamaan Menghafal Al Quran Menjadi Motivasi Penghafal Quran

Memahami keutamaan menghafal Al Quran menjadi motivasi penghafal Quran. Terdapat banyak keutamaan menghafal Al Quran bagi umat Islam. Keutamaan tersebut berlaku selama hidup di dunia maupun di akhirat. Motivasi menghafal Al-Quran akan naik manakala seseorang memahami keutamaan menghafal Al Quran. Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan membahas secara sepintas keutamaan menghafal Al Quran.

Meskipun menghafal Alquran hukumnya fardhu kifayah namun pahala yang diperoleh begitu besar. Tidak heran apabila banyak muslimin muslimat yang ingin menghafalkannya demi meraih keutamaan tersebut. 

Meskipun menghafal Alquran hukumnya fardhu kifayah namun pahala yang diperoleh begitu besar. Tidak heran apabila banyak muslimin muslimat yang ingin menghafalkannya demi meraih keutamaan tersebut. 

Cara cepat menghafal Al quran salah satunya yaitu dengan memahami pembahasan tentang keutamaan menghafal Alquran agar menjadi ikhlas dan sabar dalam proses menghafalkannya. Hadits keutamaan menghafal Al-Quran diantaranya:

Orang yang Memiliki Hafalan Al-Quran tidak seperti Rumah Kosong

Hadist ini diriwayatkan dari Imam Al-Hakim dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda;

إن الذي ليس في جَوفِه شيءٌ من القرآن كالبيت الخَرِب 

Terjemahnya: “Orang yang tidak mempunyai hafalan Alquran sedikitpun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.”

Penghafal Al-Quran Dapat Memberi Syafaat 10 Anggota Keluarga

Hadis riwayat Ibnu Majah dari Sayidina Ali, Rasulullah ﷺ bersabda;

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

“Barangsiapa membaca Alquran dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga serta akan memberi syafaat kepada sepuluh dari keluarganya yang seharusnya masuk neraka.”

Allah Tidak Akan Menyiksa Jasad Penghafal Al-Quran

Hadis riwayat Imam Al-Darimi dari Abu Umamah, Rasulullah ﷺ bersabda;

اقرؤوا القرآن فإن الله تعالى لا يعذب قلبا وعى القرآن وإن هذا القرآن مأدبة الله فمن دخل فيه فهو آمن ومن أحب القرآن فليبشر

Terjemahnya: “Bacalah Al-Qur’an karena Allah tidak akan menyiksa hati yang berisi Alquran. Dan sesungguhnya Alqur’an ini adalah jamuan Allah, maka siapa yang masuk di dalamnya, dia pun aman. Dan siapa mencintai Alquran, maka berilah kabar gembira kepadanya.”

Penghafal Al-Quran diberikan Gelar Keluarga Allah dan Mendapatkan Kekhususan

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن لله أهلين من الناس، قالوا: ومن هم يا رسول الله؟ قال: أهل القرآن هم أهل الله وخاصته 

Di hadits lain Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.’ Beliau SAW ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau SAW menjawab, ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).”

Penghafal Al-Quran Bergelar Sahabat Al-Quran/Shahibul Quran

Para penghafal Al-Quran menjadi shahibul Quran yang kelak akan ditanyakan hafalan Al-Qurannya dan surganya seiring dengan ayat yang dibaca.

Diriwayatkan Abdullah bin ‘Amr, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda,

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Terjemahnya: “Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti : ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi).

Penghafal Al Quran Lebih Diutamakan Menjadi Imam Shalat

Seseorang penghafal Alquran akan diutamakan menjadi imam shalat. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda,

وَلا يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِي سُلْطَانِهِ , وَلا يَقْعُدْ فِي بَيْتِهِ عَلَى تَكْرِمَتِهِ إِلا بِإِذْنِهِ

Terjemahnya: “Janganlah seorang maju menjadi imam shalat di tempat kekuasaan orang lain, dan janganlah duduk di rumah orang lain di kursi khusus milik orang tersebut, kecuali diizinkan olehnya” (HR. Muslim).

Dari Abu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

يَؤُمُّ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوا فِى الْقِرَاءَةِ سَوَاءً فَأَعْلَمُهُمْ بِالسُّنَّةِ … وَلاَ يَؤُمَّنَّ الرَّجُلُ الرَّجُلَ فِى سُلْطَانِهِ…

Terjemahnya: “Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Alquran nya. Jika dalam hafalan Quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah… dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR. Ahmad, Muslim).

Jasad Penghafal Quran Diutamakan Oleh Rasulullah

Para penghafal Alquran akan di dahulukan, tak hanya dalam urusan dunia baik dalam urusan akhirat nanti. Disaat pengurusan jenazah saat perang, disunnahkan untuk mendahulukan pengurusan jenazah nya kepada orang-orang yang paling banyak hafalannya.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma ,

“Rasulullah ﷺ menggabungkan dua jenazah uhud dalam satu kain kafan. Setiap hendak memakamkan, beliau tanya, “Siapa yang paling banyak hafalan qurannya?” Kemudian Rasulullah ﷺ memposisikan yang paling banyak hafalannya di posisi paling dekat dengan lahat. 

Lalu beliau bersabda,

أَنَا شَهِيدٌ عَلَى هَؤُلاَءِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Terjemahnya: “Saya akan menjadi saksi bagi mereka kelak di hari kiamat.” (HR. Bukhari & Turmudzi)

Al-Quran Akan Menjadi Syafaat Bagi Para Penghafalnya

Dari Abu Umamah al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

Terjemahnya: “Bacalah Alquran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim).

Demikian penjelasan mengenai syafaat dan keutamaan menghafal Alquran yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Semoga menjadi bahan motivasi bagi calon peserta karantina tahfizh Salatiga. Sistem karantina tahfizh didesain sedemikian rupa sehingga Insya Allah menghasilkan akselerasi menghafal Al-Quran.

Memahami keutamaan menghafal Al Quran menjadi motivasi penghafal Quran. Baik selama proses menghafalkan maupun pada saat muraja’ah. Oleh karena itu, apabila berminat mengikuti program satu bulan hafal quran dapat segera mendaftarkan diri di www.satubulanhafalquran.com

Atau Informasi WhatsApp 081344903130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chatting WhatsApp
Assalamu'alaikum
Silakan, pengunjung boleh bertanya mengenai program kami.