Karantina Tahfizh Salatiga Fasilitas Terbaik 30 Hari Hafal 30 Juz

Karantina Tahfizh Salatiga Fasilitas Terbaik 30 Hari Hafal 30 Juz

12 Juli 2022 Artikel Uncategorized 1
Pondok Pesantren Karantina Tahfizh Al-Quran

Karantina Tahfizh Salatiga Fasilitas Terbaik 30 Hari Hafal 30 Juz

Menghafal Al Qur’an sebagai bentuk ikhtiar ibadah Karantina Tahfizh Salatiga terbaik 30 hari hafal 30 juz membuka program akselerasi untuk menghafal Al Quran.

Program di Karantina Tahfizh Salatiga dapat diikuti oleh kaum muslimin dan muslimah dari usia 13 sampai 80 tahun.

Tahfizh Quran yang dilakukan dalam kegiatan karantina yaitu melakukan proses dalam pengulangan pembelajaran. Sehingga para Tahfizh dapat menjaga hafalan dengan cara mendengarkan dan membacanya secara berulang setiap ayat Al Quran.

Halaqah Karantina Tahfizh Al-Quran Salatiga Jawa Tengah
Halaqah Karantina Tahfizh Al-Quran Salatiga Jawa Tengah

Mengenal Program Karantina Tahfizh

Karantina Tahfizh Salatiga terdiri dari beberapa program yang dapat dipilih sesuai kemampuan untuk memudahkan dalam menghafal Al Quran, berikut ini ulasannya.

  1. Karantina Tahfizh 1 Bulan

Program karantina tahfizh satu bulan merupakan program unggulan dalam cara cepat dan mudah untuk menghafal Al Quran. Program tersebut dapat diikuti oleh siapa pun yang berkeinginan menghafal Al Quran dengan target 30 juz dari berbagai kategori usia, profesi, dan latar belakang.

  • Karantina Tahfizh 3 Pekan

Program karantina tahfizh dalam jangka waktu tiga pekan bertujuan sebagai cara cepat untuk menghafal Al Quran dengan jumlah 15 juz. Program ini juga dapat diberikan kepada siapapun yang sedang berikhtiar menghafal Al Quran.

  • Karantina Tahfizh 2 Pekan

Program karantina tahfizh dua pekan bertujuan untuk membantu siapapun menghafalkan 10 juz Al Quran dengan cepat dan mudah. Tentu saja, program ini cocok untuk semua kalangan dari berbagai usia, latar belakang, dan profesi.

  • Karantina Tahfizh 1 Pekan

Terakhir, terdapat program karantina Tahfizh 1 pekan untuk menghafal 5 juz Al Quran dengan mudah dan cepat. Cocok untuk kategori semua kalangan usia dan profesi.

  • Karantina Tahfizh 2 Hari

Program karantina Tahfizh dua hari memberikan kemudahan untuk menghafal satu juz Al Quran dengan cara cepat. Cocok dipilih oleh siapapun dengan latar belakang profesi dan usia yang berbeda.

  • Karantina Mutqin 3 Bulan

Program karantina Mutqin 3 Bulan merupakan program khusus yang diberikan kepada alumni pondok dan alumni karantina tahfizh. Dalam program ini, para tahfizh melakukan murojaah mutqin 30 juz Al Quran sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

  • Karantina Tahsin 1 Bulan

Program karantina tahsin satu bulan diperuntukkan bagi orang-orang yang baru berhijrah kemudian ingin belajar membaca Al Quran. Orang tersebut akan dituntun menghafal 1 juz dalam jangka waktu 1 bulan.

  • Karantina Tahsin 2 Hari

Program karantina tahsin dua hari diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin belajar membaca Al Quran dalam waktu dua hari saja.

Manfaat Program Karantina Tahfizh

Berikut ini beberapa manfaat program karantina Tahfizh untuk para penghafal yang harus kamu ketahui:

  1. Menghafal Al Qur-an Sesuai Tajwid

Manfaat dari beberapa program karantina tahfizh yaitu menghafal Al Quran sesuai dengan tajwid. Jika, kamu merasa belum dapat membaca Al Quran dengan tajwid yang benar maka bisa memilih program karantina dimulai dari belajar membaca.

  • Mengutamakan Kesehatan Fisik, Mental, dan Spiritual Penghafal

Dengan adanya berbagai program karantina Tahfizh kamu dapat merasakan berbagai metode yang memberikan kenyamanan saat menghafal Al Quran. Dimulai dari menjaga kesehatan spiritual, mental, dan fisik.

Dengan begitu maka kamu akan dapat menikmati hafalan Al Quran dalam waktu berjangka panjang.

  • Menggunakan Metode Yadain Litahfizhil Quran

Di berbagai program karantina tahfizh, kamu dapat menghafalkan Al Quran dengan cara visualisasi

Tadabbur dengan perangkat Al-Quran Yadain yang merupakan mushaf standar Karantina Hafal Quran Sebulan. Taha-tahap untuk menghafal Al Quran menggunakan Yadain Litahfizhil Quran yaitu:

  • Proses menghafal dengan melihat ayat pada mushaf 1 detik kemudian peserta mengimajinasikan pada Al-Quran Virtual satu sampai empat kata.
    • Peserta mengulang bacaan  per satu baris pada Al-Qur’an Virtual dalam satu menit.
    • Peserta mengulangi bacaan ayat dengan melihat terjemahaannya.
    • Ayat lain yang sudah dihafalkan dapat ditutup menggunakan kertas.
    • Ditargetkan untuk menghafal satu halaman Al Quran dalam waktu 15 menit.
    • Baca kembali ayat Al Quran yang sedang dihafalkan sebanyak tiga hingga lima kali dalam waktu 5 sampai 10 menit.
    • Ulangi membaca ayat yang akan dihafalkan dengan Al-Qur’an Yadain.
    • Tutup mushaf kemudian hafalkan ayatnya dengan Al-Qur’an Virtual.
    • Tutup mushaf kemudian hafalkan dengan Visualisasi Tadabbur.
    • Tutup mushaf kemudian hafalkan s disertai Jari Quran.
    • Setelah itu, setoran hafalan akan disimak oleh muhaffizh/ah lalu peserta akan mendapatkan penilaian.
    • Peserta dengan hafalan baru ditargetkan bisa hafal dengan durasi 30 sampai 60 menit dengan lancar. Untuk pemula memerlukan waktu 3 jam untuk menghafal.

Jika, peserta konsisten menerapkan metode Yadain dipraktikan untuk menghafal minimal 3 juz maka akan memudahkan peserta untuk menghafal 27 juz berikutnya.

  • Melewati Beberapa Fase yang Runtut

Dalam program hafalan Al Quran di karantina tahfizh membantu para penghafal untuk mengulang hafalan yang sudah dihafalkan.

Proses karantina tahfizh terbagi dalam beberapa fase, yaitu:

  • Belum hafal karena belum pernah menghafalkan Al Quran.
  • Hafalan untuk menambahkan hafalan. Misalnya, sudah hafal 1 juz dilanjutkan menghafalkan 1 juz lagi dan seterusnya.
  • Sudah hafal, tetapi perlu dihafalkan ulang.
  • Hafalan yang sudah lancar berkualitas.
  • Pengulangan Hafalan Mudah

Program menghafalkan Al Quran di Karantina Tahfizh Salatiga disertai dengan tadabbur terjemahan. Pengulangan tersebut dilakukan sesudah mengkoreksi hafalan, setelah dilisankan di depan orang lain.

Dengan begitu maka program yang dipilih memang harus disesuaikan dengan kemampuan agar tidak ada kesalahan yang menyulitkan penghafal di tahap berikutnya.

  • Sesuai Kemampuan Penghafal

Di karantina Tahfizh Salatiga memberikan kemudahan untuk menghafal Al Quran sesuai dengan kemampuan. Program menghafal Al Quran di karantina Salatiga terbaik yaitu prosenya tanpa melihat teks di mushaf.

Setiap orang yang menghafal Al Quran selalu mengalami peningkatan dalam kemampuan menghafalnya. Tetapi, para pemula seringkali menyerah sehingga karantina Tahfizh Salatiga menjalankan proses menghafal sesuai dengan SOP. Secara bertahap proses karantina tahfizh akan selalu menghafal Al Quran.

  • Setoran Hafalan Al Quran Mudah

Untuk mengkhatamkan Al Quran 30 juz, penghafal dapat memilih program dengan setoran hafalan per halaman. Tahapan setorannya dapat dilakukan hafalan per 5 halaman, per satu juz, per lima juz, per sepuluh juz, per lima belas juz, sampai 30 juz.

Jika, santri belum memahami kaidah tajwid maka peserta harus mempelajari tajwid secara detail baik dalam hal teori maupun praktiknya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keaslian bacaan dalam

Al-Qur’an.

Apabila kamu menjadi peserta penghafal Al Quran dengan target waktu santai maka bisa memilih program menghafal Al Quran dalam waktu 30 sampai 60 menit per satu halaman.

Program tersebut cocok dilakukan oleh orang-orang yang sibuk beraktivitas. Oleh karena itu, setiap orang yang mempunyai kesibukan dapat memilih program dengan menghafal Al Quran dalam jangka waktu 3 tahun.

Setoran Hafalan Al Quran Mudah
Setoran Hafalan Al Quran Mudah

Yayasan Karantina Tahfizh Salatiga

Yayasan Karantina Tahfizh Salatiga merupakan tempat karantina hafal Quran satu bulan dengan cara terbaik. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan saat kamu tertarik untuk menjadi peserta penghafal Al Quran dengan cepat dan mudah.

  1. Tidak Melakukan Seleksi Kepada Calon Peserta

Yayasan karantina Tahfizh Salatiga tidak melakukan seleksi kepada calon pesertanya. Dengan begitu maka hasil hafalannya variarif sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh setiap calon peserta.

Apabila peserta sudah mempunyai kemampuan membaca sesuai tajwid maka hasilnya cepat dan maksimal. Tetapi, saat peserta belum mampu membaca Al Quran sesuai tajwid maka harus fokus mempelajari bacaannya terlebih dahulu.

  • Peserta Harus Mempunyai Kemauan Kuat

Terdapat beberapa peserta masuk ke karantina tahfizh karena paksaan dari orangtua atau hal lain. Sebagian besar dari mereka merasa nyaman dan menikmati bacaan Al Quran sehingga memudahkan mereka untuk menghafal Quran dalam waktu cepat.

  • Biaya

Untuk biaya di karantina tahfizh tidak mendapatkan subsidi oleh donatur, yayasan, dan negara. Oleh karena itu, peserta wajib berinfak untuk kepentingan pendidikan dalam mempelajari dan menghafal Al Quran.

Karantina Tahfizh Salatiga memberikan fasilitas berupa makan 3 kali sehari, penginapan, seragam wisuda, buka bacaan motivasi, Al Quran, rihlah, alat tulis, block note, dan wisuda.

  • Bimbingan Guru

Di tempat karantina Tahfizh Salatiga terdapat bimbingan dari seorang guru muhaffizh dan muhaffizhah yang dapat membantu dalam proses penghafalan Al Quran. Para Muhaffizh dan Muhaffizhah juga memberikan waktu 35 hari dengan durasi waktu belajar yang intensif yaitu 10-12 jam per hari.

  • Waktu Belajar yang Lama

Ketika peserta sudah berhasil mengkhatamkan 30 juz dalam waktu sebulan di karantina Tahfizh. Hal tersebut bukan berarti proses hafalan sudah berakhir. Peserta tetap harus menyetorkan hafalan per 1 halaman Al Quran, 5 halaman, hingga 1 juz.

Setoran hafalan selalu ditingkatkan lagi setiap harinya. Jika peserta tidak melanjutkan pada program mutqin dalam waktu bulan maka proses belajar Al Quran dapat dilanjutkan sambil beraktivitas sehari-hari.

Fasilitas untuk Peserta Karantina Tahfizh Al-qur’an Salatiga

Berikut ini beberapa fasilitas untuk para peserta di tempat karantina Tahfizh Al Qur-an Salatiga:

  1. Asrama
  2. Paket Karantina dan Atk
  3. Seragam
  4. Bimbingan Intensif
  5. Makan 3 x sehari
  6. Snack Sore/malam
  7. Laundry
  8. Cleaning Service
  9. Wisuda dan Sertifikat

Fasilitas tersebut diberikan untuk program karantina sebulan, untuk jenis program yang lain maka fasilitasnya menyesuaikan.

Syarat Karantina Tahfizh

Syarat-syarat umum untuk peserta karantina Tahfizh Salatiga terbaik 30 hari 1 hafal juz yaitu:

  • Muslim / Muslimah.
  • Usia 13 sampai 80 tahun, mampu menjalani kehidupan secara mandiri.
  • Bertekad yang kuat, menghafal Al-Qur’an 30 Juz karena Allah SWT.
  • Sehat Jasmani dan Rohani.
  • Mampu membaca Al-Quran sesuai tajwid.
  • Mematuhi tata tertib (SOP) karantina tahfizh.
  • Khusus peserta penghafal Al Quran dengan program Mutqin 3 bulan, diprioritaskan alumni Karantina Tahfizh atau peserta lain yang sudah hafalan minimal 20 Juz (dibuktikan dengan adanya surat keterangan dari lembaga tempat peserta menghafal).

Selain persyaratan umum, terdapat pula syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh para peserta, yaitu:

  • Fotokopi Identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Akta Kelahiran/KK*).
  • Surat Keterangan Sehat.
  • Pas Foto 3 x 4 sebanyak dua lembar (Close Up).
  • Materai 10000 satu lembar.
  • Bukti Transfer pendaftaran dan pembayaran akomodasi.

Biaya Karantina Tahfizh Salatiga

Berikut ini rincian pendaftaran di tempat karantina Tahfizh Salatiga yang terbilang cukup terjangkau:

Biaya Pendaftaran Rp 100.000,- (Untuk seumur hidup)

  1. Program Mutqin Tiga Bulan

Biaya Akomodasi : Rp 15.0000.000

Dengan harga biaya akomodasi tersebut, para peserta dapat menikmati beberapa fasilitas di bawah ini:

  • Total 3 Angkatan
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Hafal Qur’an Sebulan

Biaya Akomodasi : Rp 5.900.000

Dengan biaya tersebut, biaya dapat menikmati beberapa fasilitas berikut ini:

  • Total 35 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Karantina Tahfizh empat Pekan

Biaya Akomodasi : Rp 5.500.000

Dengan harga tersebut, peserta dapat menikmati beberapa fasilitas berikut ini:

  • Total 28 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Karantina Tahfizh Tiga Pekan

Biaya Akomodasi : Rp 4.500.000

Fasilitas untuk peserta program karantina tahfizh tiga pekan yaitu:

  • Total 21 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Karantina Tahfizh Dua Pekan

Biaya Akomodasi : Rp 3.500.000

Untuk fasilitas yang dapat peserta nikmati yaitu:

  • Total 14 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Karantina Tahfizh Satu Pekan

Biaya Akomodasi : Rp 2.500.000

Dengan biaya akomodasi tersebut, peserta dapat menikmati beberapa asilitas di bawah ini.

  • Total 7 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Laundry 2 hari sekali
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari
    • Rihlah
    • Dokumentasi Kegiatan (Foto & Video)
  • Program Tahfizh/Tahsin Weekend

Biaya Akomodasi : Rp 650.000

Berikut ini, beberapa fasilitas yang dapat kamu rasakan.

  • Total 2 hari
    • Asrama
    • Makan 3 kali sehari
    • Coffe Break
    • Al-Quran Yadain
    • Syahadah/Sertfikat
    • Buku Mutabaah
    • Buku Catatan (Blok Note)
    • Goody Bag
    • Pendampingan Pembelajaran 10-12 jam/hari

Daftar Karantina Tahfizh Salatiga

Tertarik untuk berikhtiar menghafal Al-Quran dengan mudah, cepat dan menyenangkan? Segara daftar melalui kirim berkas ke email yktnsalatiga@gmail.com atau mengirim WhatsApp ke nomor 0856 0971 0025 atau klik https://wa.me/6285609710025

Alamat Karantina Tahfizh Salatiga

Alamat Karantina Tahfizh Salatiga berada di Asrama Pondok Pesantren SMA Islam Al-Azhar 30 Salatiga di Desa Kumpulrejo, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Pendaftaran Karantina Tahfizh Salatiga Angkatan 32
Pendaftaran Karantina Tahfizh Salatiga Angkatan 32

One Response

  1. […] Pendaftaran Karantina Tahfizh Salatiga Angkatan 32 Karantina Tahfizh Salatiga Fasilitas Terbaik […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chatting WhatsApp
Assalamu'alaikum
Silakan, pengunjung boleh bertanya mengenai program kami.