Dari Mana Mulai Menghafal Al Quran?

Dari Mana Mulai Menghafal Al Quran?

25 Juli 2022 Artikel 0
Dari Mana Mulai Menghafal Al Quran?

Dari mana mulai menghafal Al Quran? Pertanyaan tersebut mungkin saja terbesit di pikiran Anda yang berkeinginan dan akan memulai belajar menghafalkan Al Qur’an. Seperti yang diketahui bersama bahwa menghafalkan Al Quran bukan merupakan suatu kegiatan yang mudah. Tentu saja proses menghafal saat masih kecil dan dewasa akan berbeda. Menghafal al quran mulai dari mana?

Saat melakukan proses menghafal di usia dewasa kadang kala merasa sulit karena bacaan yang mudah sekali lupa. Jika Anda sekarang berusia dewasa dan ingin menjadi penghafal Al Quran maka tidak usah cemas karena setiap niat baik pasti Allah SWT mudahkan. Untuk pemula yang ingin menghafal Al Quran, simak dari mana Anda harus memulai proses hafalan tersebut dibawah ini.

Membangun dan Menata Niat

Untuk memulai menghafal Al Quran pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membangun dan menata niat. Niat merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan segala hal, khususnya dalam menghafal Al Quran ini. Pastikan bahwa niat Anda untuk menghafal Al Quran adalah baik karena Allah SWT. Pastikan dalam hati tidak ada niat lain selain karena Allah SWT.

Jangan pernah Anda meniatkan hafal Al Quran karena ingin dipuji, dikenal, dan niatan untuk kepentingan dunia lainnya. Pada dasarnya ada banyak sekali keutamaan menghafal Al Quran seperti akan mendapatkan pertolongan Allah SWT, mendapatkan kenikmatan dalam shalat, dan masih banyak lagi lainnya. Jangan sampai keutamaan yang Allah akan berikan akan hilang begitu saja karena niat yang salah.

Menjauhkan Diri Dari Maksiat

Hal yang perlu Anda lakukan untuk memulai menghafal Al Quran adalah dengan cara menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Tentu saja hal tersebut dilakukan bukan tanpa dasar melainkan karena Imam Syafii pernah menceritakan kepada gurunya tentang sulitnya melakukan hafalan. Lalu nasihat yang diberikan gurunya yaitu untuk menjauhkan diri dari perbuatan maksiat.

Nasihat yang diberikan guru kepada Imam Syafii tersebut tentu bukan tanpa maksud. Adapun maksud dari nasihat tersebut yaitu karena ilmu merupakan cahaya, sementara itu cahaya Allah SWT tak akan diberikan kepada orang yang senang melakukan perbuatan maksiat. Oleh sebab itu, untuk pemula yang ingin melakukan hafalan Al Quran sebaiknya menjauhi maksiat.

Terus Memperbaiki Bacaan Al Quran

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai pemula penghafal Al Quran adalah dengan terus memperbaiki bacaannya termasuk didalamnya adalah tajwid. Sangat penting bagi Anda yang baru akan memulai menghafalkan Al Quran adalah untuk mengecek kualitas bacaan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Hal itu dilakukan bukan tanpa maksud melainkan agar bisa terhindar dari salah atau kekeliruan dalam menghafal.

Dengan selalu mengecek dan memperbaiki bacaan Al Quran maka Anda bisa membaca dan menghafalkannya dengan baik dan benar. Mampu membaca dan menghafal Al Quran dengan baik dan benar maka tentu saja Anda akan bisa menjaga dan memelihara kemurnian dari Al Quran itu sendiri. Dengan demikian atas ijin Allah SWT maka Anda bisa mendapatkan keutamaan yang dijanjikan.

Membuat Target Menghafal

Membuat dan memasang target hafalan Al Quran merupakan salah satu hal yang juga penting untuk Anda lakukan sebagai pemula. Target dan timeline hafalan yang jelas serta terstruktur membuat program hafalan Anda menjadi lebih mudah karena akan membantu mendorong diri untuk terus semangat dan tidak mudah menyerah saat proses menghafal Al Quran.

Tidak bisa dihindari, salah satu hal yang banyak dialami saat proses menghafal Al Quran adalah menemukan sebuah kendala. Ada berbagai macam kendala yang dialami seperti merasa masalah, kesulitan saat menghafal atau menambah hafalan. Sekali lagi, manfaat dari membuat target yaitu akan membantu dalam mendisiplinkan proses hafalan yang sedang Anda lakukan.

Membuat Jadwal Hafalan

Sesuatu hal yang bisa Anda mulai untuk melakukan hafalan Al Quran adalah dengan membuat jadwal hafalan. Anda disarankan untuk membuat jadwal hafalan yang dilakukan secara rutin setiap harinya untuk menghafal Al Quran. Untuk mewujudkan tahapan ini tentu saja Anda harus bisa menyediakan waktu khusus ditengah kesibukan Anda setiap harinya.

Adapun beberapa waktu khusus untuk melakukan hafalan yang disarankan seperti sepertiga malam terakhir, pagi hari setelah melaksanakan shalat subuh, dan pertengahan siang hari. Namun demikian untuk jadwal hafalan tentu saja dikembalikan lagi ke diri Anda sendiri karena lebih tahu kapan saja waktu yang tepat untuk Anda melakukan hafalan Al Quran.

Merutinkan Mendengar Murotal

Rutin mendengarkan murotal merupakan salah satu hal yang sangat disarankan untuk para pejuang penghafal Al Quran. Cara tersebut dinilai sangat efektif untuk sebagian besar orang. Dengan mendengar murotal secara berulang akan memudahkan Anda dalam mengingat ayat demi ayat Al Quran yang dilantunkan. Semakin sering murotal yang Anda dengarkan maka semakin cepat dan mudah pula Anda dalam menghafal Al Quran.

Untuk memudahkan Anda dalam menghafal maka usahakan untuk mendengar murotal bukan mujawwad. Anda bisa mendengarkan bacaan murottal dari imam Masjid Nabawi ataupun Masjidil Haram karena bisa membantu Anda mempunyai makharijul huruf yang tepat. Tak hanya itu, Anda juga akan terbiasa berhenti atau waqaf pada titik yang tepat.

Membangun Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan merupakan salah satu faktor pendukung yang penting dalam proses menghafal Al Quran. Proses hafalan akan jauh lebih mudah jika dilakukan yang mendukung, bukan? Terlebih jika Anda merupakan tipe pribadi yang tidak bisa melakukan hafalan di lingkungan yang bising. Oleh sebab itu, lingkungan menjadi faktor pendukung yang penting untuk proses menghafalkan Al Quran.  

Lalu bagaimana jika saat ini Anda tidak memiliki lingkungan yang kondusif? Maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara membuatnya. Anda tak perlu bingung bagaimana membuatnya karena Anda bisa mengajak beberapa teman yang mempunyai keinginan dan niat yang sama untuk melakukan hafalan Al Quran. Maka dengan begitu Anda akan selalu diingatkan begitu juga sebaliknya.

Menggunakan 1 Mushaf

Penting untuk Anda agar menjadi pertimbangan saat akan memulai menghafal Al Quran yaitu pastikan Anda menggunakan hanya 1 mushaf yang sama dalam proses menghafal. Mengapa hal tersebut penting untuk Anda pertimbangkan? Tentunya bukan tanpa maksud dan tujuan melainkan dengan hanya menggunakan 1 mushaf yang sama maka akan memudahkan Anda untuk mengingat gambar atau bacaan yang sedang atau sudah dihafalkan.

Mencari Guru

Terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjawab kebingungan Anda tentang dari mana mulai menghafal Al Quran adalah dengan mencari guru. Guru disini akan membantu Anda dalam proses menghafal. Dengan adanya guru maka proses menghafal akan lebih terkontrol. Anda akan mengetahui dengan pasti apakah telah benar atau terdapat kekeliruan bacaan atau saat prose menghafal.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk pemula yang akan memulai melakukan hafalan Al Quran. Allah SWT akan memudahkan segala sesuatu niat baik. Namun begitu tentu saja diperlukan usaha-usaha seperti yang telah disebutkan di atas. Semoga informasi dalam artikel ini bisa menjawab kebingungan pemula tentang dari mana mulai menghafal Al Quran.

Informasi dan Pendaftaran

www.satubulanhafalquran.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chatting WhatsApp
Assalamu'alaikum
Silakan, pengunjung boleh bertanya mengenai program kami.