Adab Membaca Alquran Yang Baik dan Benar

Adab Membaca Alquran Yang Baik dan Benar

8 Agustus 2022 Artikel Uncategorized 0

Sebelum membaca Alquran maka ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang adab membaca Alquran yang baik dan benar. Hal tersebut karena Alquran merupakan kalamullah atau firman Allah SWT. Alquran bukanlah suatu buku bacaan, koran, dan lainnya yang merupakan perkataan makhluk yang bisa dibaca secara sembarangan.

Dalam membaca Alquran sepatutnya dilakukan dengan adab yang baik dan benar. Selain alasan diatas juga agar siapa saja yang membaca mendapat kebaikan dan manfaat secara maksimal. Lalu apa saja yang menjadi adab dalam membaca Alquran? Anda tidak perlu bingung dan khawatir karena dalam artikel ini akan dijelaskan tentang apa saja yang perlu Anda perhatikan dan lakukan sebagai adab membaca Alquran.

Berwudhu

Adab pertama yang harus Anda pahami sebelum membaca Alquran adalah berwudhu. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa berwudhu merupakan suatu cara yang digunakan untuk menyucikan tubuh dengan menggunakan air atau lainnya yang dibolehkan. Dengan wudhu maka seseorang dikatakan dalam keadaan suci. Alquran merupakan kitab suci maka orang yang membaca haruslah dalam keadaan suci.

Adapun hukum melakukan wudhu sebelum membaca Alquran merupakan hal yang wajib menurut pendapat ulama 4 madzhab. Tak hanya itu, dalam Alquran surat Al-Waqiah ayat 77-79 menyebutkan pula bahwa Alquran merupakan bacaan yang mulia dan terpelihara dan tak menyentuhnya kecuali untuk orang yang disucikan.

Keadaan Mulut Bersih

Saat Anda akan membaca Alquran maka hendaknya memperhatikan keadaan mulut terlebih dahulu. Pastikan mulut Anda dalam keadaan bersih saat akan membaca Alquran. Hal tersebut dimaksudkan karena mulut merupakan tempat keluarnya huruf Alquran atau makharijul huruf. Oleh sebab itu Anda diharuskan membersihkan mulut terlebih dahulu sebelum membacanya. Untuk melakukannya maka Anda bisa menyikat gigi atau bersiwak.

Menggunakan Pakaian Bersih

Sudah sepatutnya seseorang yang akan membaca Alquran dalam keadaan bersih serta suci dari najis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kegiatan membaca Alquran tidaklah sama dengan melakukan kegiatan lainnya karena Alquran merupakan kalamullah. Artinya saat Anda membaca Alquran sama saja Anda sedang berbicara dengan Allah SWT. Sehingga sudah sepatutnya Anda menggunakan pakaian yang bersih dan sopan.

Membaca dengan Menghadap ke Kiblat dan Tempat Bersih

Kiblat merupakan arah dimana menuju ke bangunan Ka’bah yang letaknya di Masjidil Haram, Mekkah. Kiblat adalah patokan umat muslim dalam melakukan ibadah shalat. Tak hanya shalat saja, saat membaca Alquran pun Anda dianjurkan sekali untuk menghadap ke arah kiblat.

Saat Anda akan membaca Alquran maka salah satu yang penting untuk Anda perhatikan adalah keadaan tempat yang akan gunakan. Pastikan bahwa Anda membaca Alquran pada tempat yang bersih dan pantas. Pastikan pula tidak ada najis pada tempat tersebut. Akan lebih baik lagi bila Anda membersihkan tempat yang akan digunakan untuk membaca Alquran. Dengan begitu maka Anda bisa memastikan kebersihan dari tempat tersebut.

Memperbaiki Niat dan Bersungguh-sungguh

Adab lainnya yang penting untuk Anda pahami dalah terkait dengan niat Anda membaca Alquran. Ada banyak sekali keutamaan yang diberikan kepada orang yang membaca Alquran. Pastikan bahwa Anda membaca Alquran karena Allah SWT semata tidak karena ingin dipuji dan tidak ingin dianggap hebat oleh orang lain. Jangan sampai keutamaan yang telah Allah janjikan tidak akan Anda dapatkan karena salah niatan.

Selain Anda harus memperbaiki niat diawal, Anda pun harus bersungguh-sungguh ketika akan membaca Alquran. Adapun maksud dari bersungguh-sungguh disini yaitu mampu membaca, memperhatikan, serta merenungkan setiap bacaanya da nisi kandungannya. Artinya Anda tidak diperbolehkan sambil melakukan kegiatan lainnya saat membaca Alquran. Anda harus bisa memfokuskan saat membacanya.

Membaca Taawudz dan Basmallah

Adab yang perlu dan penting serta tidak boleh Anda tinggalkan saat akan membaca Alquran adalah membaca taawud dan basmallah. Hal tersebut tentu saja dilakukan bukan tanpa tujuan melainkan untuk meminta perlindungan Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk. Setelah Anda membaca taawudz, Anda harus melanjutkan dengan membaca basmallah.

Perintah membaca taawudz saat akan membaca Alquran merupakan perintah Allah SWT melalui Nabi Muhammad saw. Telah dikatakan bahwa apabila orang-orang akan membaca Alquran maka hendaknya meminta perlindungan kepada Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk terlebih dahulu. Perintah tersebut merupakan perintah sunah dan bukan merupakan perintah wajib berdasarkan kesepakatan ulama yang diriwayatkan Abu Jafar Ibnu jarir.

Memelihara Tajwid

Hukum tajwid dalam Alquran terdiri dari bagaimana cara pengeluaran hurud dari makhrajnya, sesuai dengan kaidah, mendengungkan bacaan yang harus dibaca dengung, memanjangkan bacaan yang semestinya dibaca dengan panjang, serta menembalkan bunyi bacaan pada huruf yang dalam hukumnya dibaca tebal. Ilmu tajwid ini penting untuk dipelajari untuk siapa saja yang akan belajar membaca Alquran.

Membaca dengan Tartil

Adab membaca Alquran yang baik dan benar yang harus umat muslim ketahui selanjutnya adalah dengan membacanya secara tartil. Aapa yang dimaksud dengan membaca dengan tartil? Membaca dengan tartil merupakan cara membaca secara perlahan. Hal tersebut dilakukan dengan alasan agar tajwid serta makhrajnya terdengar sangat jelas.

Dalam membaca Alquran sangat tidak diboleh dilakukan secara terburu-buru. Hal itu karena jika Anda melakukannya maka akan Anda akan mengalami beberapa hal seperti pengucapan yang tidak jelas, bunyi tajwid dan makhrajnya tidak jelas, serta bukan tidak mungkin Anda melakukan kesalahan-kesalahan lain yang tidak Anda sadari. Jangan sampai niat hati ingin mendapatkan pahala yang banyak justru dosa yang akan Anda terima karena salah dalam membaca Alquran akan dapat merubah maknanya.

Berusaha Merenungkan Makna Kandungannya

Adab yang harus Anda lakukan berikutnya saat membaca Alquran adalah dengan berusaha merenungkan makna dan kandungannya. Hal tersebut bisa Anda dapatkan saat membaca Alquran dalam kondisi tenang serta khusyu. Oleh sebab itu, penting juga untuk Anda memilih lingkungan untuk mendukung suasana Anda membaca Alquran agar bisa merenungkan makna yang terkandung didalamnya.

Membaca dengan Khusyu dan Tenang

Membaca Alquran tidaklah boleh dilakukan dengan sembarangan atau asal-asalan dan ramai. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Tentu saja Anda harus dalam keadaan khusyu dan juga tenang saat membacanya. Tak hanya itu saja, bila Alquran sedang dibaca oleh orang yang ada didekat Anda maka Anda tak boleh ramai sendiri melainkan Anda harus menghormatinya dengan cara mendengarkan.

Itulah beberapa informasi terkait dengan adab apa saja yang harus dilakukan oleh umat muslim yang akan membaca Alquran. Hal tersebut perlu Anda lakukan karena Alquran merupakan kitab suci kalamullah. Artinya, Alquran merupakan kitab yang berisikan perkataan Allah yang sebenar-benarnya. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami dan mengamalkan adab membaca Alquran yang baik dan benar untuk meraih keutamaan, manfaat, serta pahala untuk orang yang membacanya.

Informasi dan Pendaftaran

www.satubulanhafalquran.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chatting WhatsApp
Assalamu'alaikum
Silakan, pengunjung boleh bertanya mengenai program kami.